Sabtu, 30 Mei 2009

SETAN MEMBELA DIRI

Pada suatu hari, para murid dari seorang syaikh mendatangi beliau dan menyampaikan keluhan.

"Wahai syaikh, setan telah merampas keimanan kami."

Mendengar itu syaikh langsung memanggil setan dan memukulinya. Tapi setan membela dirinya dengan berkata,
"Ya syaikh, aku tidak mampu memaksa siapapun melakukan sesuatu. Aku terlalu takut kepada Allah untuk mengambil resiko bertanggung jawab atas hal tersebut. Sebagaimana adanya, manusia melemparkan keimanannya disebabkan alasan-alasan yang sangat sepele. Dan aku hanya memungut keimanan yang mereka lontarkan."

Lalu setan melihat ke arah para murid dan berkata, "Adalah kewajibanku menipu kalian. Salah satu tugas utamaku adalah menyebabkan kalian tenggelam dalam mengejar kesenangan, menyimpangkan kalian dari kebenaran dan mengarahkan kalian kepada kelalaian. Aku memasang sebuah pancang di setiap leher kalian. Aku merenggut sebagian di antara kalian dari keimanan kalian dan sebagian di antara kalian dari kehormatan kalian. Aku hanya mengatakan perkataan dan kalian bertindak sesuai dengan perkataanku. Kalian percaya kepadaku dan bukan percaya kepada Allah dan rasulNya. Hendaknya kalian malu mempersalahkan aku dan melakukan pembenaran. Jangan menyalahkan aku, salahkan nafsu rendah kalian. Jangan mengutuk aku, kutuklah nafsu rendah kalian."

Mendengar perkataan setan, syaikh berkata pada muridnya, "Semoga ini menjadi pembelajaran bagi kalian."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar